Home » Jenis Kabel Listrik yang Harus Diketahui Setiap Orang

Jenis Kabel Listrik yang Harus Diketahui Setiap Orang

SUPREME CABLES SUCACO TOKO LISTRIK GLOBAL WA 02744469601 https://www.sucaco.com/

Jenis-jenis Kabel Listrik: Macam-Macam/tipe dan Ukuran

Jenis-jenis kabel listrik adalah salah satu pertanyaan yang dilontarkan orang awam ketika memilih kabel, dan dapat dimengerti dari ringkasan berikut.

Untuk instalasi listrik di rumah, secara umum kabel terdiri dari konduktor dan isolator.

Konduktor adalah bagian serabut tembaga atau alumunium yang fungsi utamanya menghantar aliran listrik. Daya hantar atau konduktansi dari sebuah kabel listrik ditentukan oleh parameter yang disebut dengan KHA (Kemampuan Hantar Arus). Kemampuan hantar arus dari kabel listrik berbeda-beda tergantung dari elemen atau bahan konduktor dari kebel listrik itu sendiri.

Isolator adalah bahan pembungkus kabel yang berfungsi sebagai pelindung (agar tidak mencederai manusia). Bagian isolator pada kabel listrik merupakan bahan yang tidak dapat menghantarkan arus listrik, yang terbuat dari bahan karet atau plastik (thermoplastik atau thermosetting). Semakin baik tingkat isolator suatu kabel, semakin bagus kualitas dari kabel tersebut.

Sumber: skemaku

 

Silakan kontak Toko Listrik Global Yogyakarta untuk informasi supply kabel. (0274) 4469601

-Iklan Dulu ya, Sudah tahu Stringlights yang populer untuk lampu outdoor cafe? Kami punya produk terbaiknya. Dari Jakarta, Aceh, hingga Makassar, pesannya di Toko Listrik Global. Klik link stringlights ini untuk pemesanan-

Ukuran Kabel Listrik dalam Kemampuannya Mengalirkan Arus Listrik

Ukuran kabel listrik (kemampuan kabel listrik) dalam menghantar arus listrik diindikasikan oleh Kemampuan Hantar arus (KHA) dalam satuan Ampere. KHA ini ditentukan oleh ukuran kabel itu sendiri, tepatnya luas penampang konduktor. Semakin besar penampang kabel, semakin besar kemampuannya menghantar arusnya listrik.

Contoh: Di Indonesia, kita menggunakan tegangan listrik 220V, dan pada kabel yang memiliki KHA 12 Ampere, daya yang dapat “diangkat” oleh kabel ini adalah:

Ampere x Volt = Watt
12 x 220 = 2,640 Watt

sumber: mumetlistrik

Artinya, segala barang elektronik yang memakan daya hingga 2,640 Watt, misalnya seperti kulkas dapat menggunakan kabel yang memiliki KHA 12 Ampere.

Sebagai orang awam, bagaimana kita mengetahui KHA dari sebuah kabel? Kembali dari pernyataan di atas, kemampuan hantar arus sebuah kabel ditentukan oleh luas penampang konduktor, dan indikatornya dapat Anda lihat di informasi kabel itu sendiri.

Jenis-jenis kabel listrik yang berbeda dinotasikan dengan kode-kode yang juga mencantum ukuran kabel listrik. Misalnya, kabel NYMHY 2×0,75mm persegi (nanti akan dijelaskan mengenai jenis-jenis kabel: NYM, NYY, NYMHY, NYYHY, NYA, dan NYAF) berarti kabel tersebut adalah tipe NYMHY dengan isi 2 konduktor, dengan masing-masing konduktor memiliki ukuran luas penampang 0,75 mm persegi. Begitu juga jika Anda menemukan misalnya ukuran 2×1,5mm persegi berarti kabel tersebut berintikan 2 konduktor yang memiliki luas penampang 1,5mm persegi. Juga misalnya 3×1,5mm persegi adalah kabel dengan memiliki 3 inti konduktor dengan luas penampang 1,5mm persegi untuk tiap konduktornya.

tabel kha dan luas penampang kabel nym nyy nyyhy nymhy
UKURAN KABEL (LUAS PENAMPANG) DAN KEMAMPUAN MENGHANTAR ARUS LISTRIK

Tabel di atas menunjukkan daftar berbagai ukuran kabel yang sering dipakai, dan kemampuannya menghantar arus listrik (KHA). Misalnya, Anda ingin membuat kabel perpanjangan untuk disambung ke sebuah alat elektronik rumah tangga. Misalnya, untuk keperluan menghidupkan kulkas dua pintu yang memakan daya 1.000 Watt. Berdasarkan tabel di atas, Anda membutuhkan kabel dengan nilai KHA 6 Ampere. Yang berarti, gunakanlah kabel dengan luas penampang 1,5mm persegi, sebab 0,75 mm persegi hanya mampu menghantarkan maksimal 880 watt.

Cek INSTAGRAM kami di @toko.listrik.global untuk katalog lampu hias: lampu gantung, lampu taman, lampu cafe, lampu dinding, dan berbagai lampu hias lainnya.

Ukuran Kabel Untuk Berbagai Peralatan Elektronik Rumah Tangga

Lalu kabel dengan ukuran apa yang paling cocok untuk perabotan rumah tangga seperti TV, kompor listrik, AC, kulkas, dan lain-lain? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Toko Lampu Gajah menyediakan informasi dalam bentuk tabel berikut. 

UKURAN KABEL UNTUK BERBAGAI ALAT ELEKTRONIK RUMAH TANGGA
UKURAN KABEL UNTUK BERBAGAI ALAT ELEKTRONIK

Menurut tabel tersebut, kabel dengan ukuran penampang 0,75mm persegi (misalnya dengan NYMHY x 0,75 mm persegi) sbenarnya sudah cukup untuk sebagian alat elektronik rumah tangga yang memakan daya besar, kulkas misalnya. Memang lebih aman menggunakan kabel dengan ukuran 1,5mm persegi, tetapi semakin luas penampang kabel, semakin mahal pula harganya.

Silakan mampir ke Toko Listrik Global Jl.Bantul no. 136 kav. D-E (150 meter Utara dari Ring Road Selatan, depan pasar hewan PASTY) untuk berbagai merk kabel dan ukurannya

Mengapa Ukuran Kabel Harus Disesuaikan dengan Beban Watt?

Singkatnya: agar aman. Secara teknis, penjelasan lengkap sudah pernah ditulis oleh @duniaberbagiilmuuntuksemua dan cocok sebagai pengetahuan bagi Anda yang sudah memahami dasar-dasar kelistrikan.

Sebelum kita memasang suatu instalasi listrik, baik itu instalasi listrik 3 (tiga) phase maupun instalasi listrik 1 (satu) phase, diperlukan berbagai perhitungan yang benar untuk menentukan bahan – bahan listrik yang akan digunakan. Hal yang paling penting dalam suatu instalasi listrik, adalah bagaimana memilih jenis dan ukuran Penghantar kabel listrik yang tepat. Kabel yang terdapat pada suatu instalasi listrik, memiliki jumlah yang berbeda menurut jenis instalasi yang dipasang, baik itu instalasi listrik 1 Phase dan 3 Phase.

Dua jenis Instalasi listrik :

Instalasi listrik 1 (satu) phase adalah instalasi listrik yang biasanya menggunakan jaringan 3 (tiga) kabel penghantar utama, yaitu:

Instalasi listrik 1 phase umumnya yang paling banyak kita gunakan pada instalasi listrik dirumah.
Listrik 1 (satu) phase biasanya memiliki tegangan antara Phase dengan Netral sebesar 220 Vac.

Instalasi listrik 3 (tiga) phase

Instalasi listrik 3 (tiga) phase adalah instalasi listrik dengan menggunakan jaringan 5 (lima) kabel penghantar utama, yaitu:

Instalasi listrik 3 (tiga) phase biasanya digunakan khusus untuk kebutuhan suatu usaha, pabrik atau industri, dan memiliki tegangan sebesar 380 Volt

Ingat :
Pastikan disetiap instalasi listrik yang terpasang dilengkapi dengan kabel grounding. 

Setiap instalasi diharapkan memiliki standarisasi warna kabel penghantar, ini bertujuan untuk mempermudah dalam pemasangan dan perbaikan nantinya.

Hal yang terpenting dalam pemasangan suatu instalasi listrik, adalah bagaimana memilih dan menentukan ukuran kabel penghantar listrik.

Kabel listrik yang akan digunakan pada instalasi listrik tersebut harus mampu dibebani dengan berbagai daya listrik dari berbagai peralatan listrik yang digunakan.Kabel listrik berfungsi untuk menghantarkan arus listrik dari sumber listrik menuju beban daya suatu alat listrik.

Semakin besar daya dari berbagai alat listrik yang digunakan tentunya akan membutuhkan ukuran kabel yang besar pula.

Karena jika beban arus yang besar ditanggung oleh penghantar yang memiliki ukuran kecil atau melebihi kemampuan hantarnya, ini akan menyebabkan suhu kabel menjadi panas, bahkan dapat menyebabkan kabel tersebut terbakar.

Karena itulah dalam menentukan ukuran kabel untuk suatu instalasi listrik adalah hal yang sangat penting.

Kesalahan dalam memilih ukuran kabel yang terlalu kecil dapat menyebabkan resiko bahaya yang fatal (kebakaran).Bagaimana jika kabel yang kita gunakan memiliki ukuran yang lebih kecil dari beban arus yang ditanggungnya ?
Seperti yang kita bahas sebelumnya, jika ukuran kabel terlalu kecil dapat menyebabkan suhu kabel penghantar tersebut menjadi panas dan bahkan bisa terbakar.

Selain itu ukuran kabel yang terlalu kecil juga dapat menyebabkan kerugian tegangan yang lebih besar (Tegangan Drop).

Bagaimana kalau kita menggunakan kabel yang memiliki ukuran jauh lebih besar, melebihi Total  Arus listrik yang ada ?
Jika kita menggunakan kabel penghantar listrik yang lebih besar, dan bahkan jauh melebihi kebutuhan total arus listrik yang akan ditanggung kabel tersebut, hal ini memang jauh lebih baik.

Jika kemampuan hantar Arus kabel yang digunakan jauh lebih besar melebihi beban arus maksimal pada instalasi tersebut, Kabel tidak akan mengalami peningkatan suhu.

Namun jika dipandang dari segi biaya (ekonomi), Harga beli kabel akan menjadi meningkat, dan hal ini menjadi suatu pemborosan biaya.

Daftar tukang listrik jogja bisa dilakukan di sini untuk menjadi anggota Jasa Teknisi Listrik Jogja. Klik ke: sini

Macam-macam Jenis Kabel Listrik

Macam-macam jenis kabel listrik – Ada berbagai macam kabel listrik, namun yang kami jual di toko kami -Toko Listrik Global Electric dan Toko Lampu Hias “Gajah” Yogyakarta- adalah yang paling sering dipakai: meliputi segala model kabel dari NYA, NYAF, NYM, NYMHY, NYY, NYYHY, dan kawat BC dari berbagai ukuran.
Berikut ini adalah penjelasannya:

Apa itu Kabel NYA?

N       Kabel jenis standar dengan penghantar tembaga
Y       Isolator PVC
A       Kawat berisolasi

sumber: tipsrawatrumah

KABEL NYA JOGJA
KABEL NYA

Berisolasi PVC Berinti kawat 1 (tunggal) Warna isolator: merah, kuning, biru, atau hitam Merupakan kabel udara (tidak untuk ditanam dalam tanah) Digunakan untuk instalasi rumah dan sistem tenaga. Dalam instalasi rumah digunakan ukuran 1,5 mm persegi dan 2,5 mm persegi. Relatif murah Lapisan isolator hanya 1 lapis sehingga mudah cacat, tidak tahan air dan mudah digigit tikus.

Agar aman memakai kabel tipe ini, kabel harus dipasang dalam pipa besi atau yang lebih sering digunakan adalah pipa conduit jenis PVC atau saluran tertutup (perhatikan, pipa PVC ini berbeda dengan pipa PVC untuk air) sehingga tidak mudah menjadi sasaran gigitan tikus, dan apabila ada isolasi yang terkelupas tidak tersentuh langsung oleh orang.

sumber: mumetlistrik

Konduit ini selain bertujuan melindungi kabel dari gangguan luar juga berfungsi memudahkan pekerjaan penggantian atau penambahan kabel, karena hanya tinggal ditarik atau didorong saja. Bandingkan bila kabel tersebut ditanam dalam tembok tanpa konduit, tentu akan butuh pekerjaan tambahan berupa pembongkaran tembok. Karena itu, sesuai tujuannya penggunaan konduit sebenarnya tidak terbatas pada jenis kabel NYA saja, tetapi bisa dipakai untuk kabel lain seperti jenis NYM atau NYY.

sumber: instalasilistrikrumah

Apa Itu Kabel NYAF?

  • Kabel listrik serabut berinti tunggal
  • Terbuat dari bahan tembaga (murni atau campuran tergantung merk)
  • Dilapisi isolator PVC kualitas menengah
  • Sangat fleksibel sehingga sangat cocok untuk digunakan pada jalur-jalur yang memiliki belokan-belokan tajam, misal pada instalasi panel
  • Dapat digunakan di area kering
  • Tidak untuk digunakan dalam area lembab, basah, atau terkena pengaruh cuaca langsung.

Sumber: ralali

Dalam penggunaannya kabel ini harus dilindungi lagi dengan pipa distribusi. kabel ini relatif mudah terkena korosi dalam jangka waktu lama terutama untuk bahan inti dari tembaga campuran. Oleh karena itu kabel ini tidak cocok untuk digunakan pada lingkungan yang lembab dan atau basah.

Sumber: skemaku 

Apa itu Kabel NYM?

N     Kabel jenis standar dengan penghantar tembaga
Y      Isolator PVC
M    Berselubung PVC

Sumber: tipsrawatrumah

  • Kabel NYM mempunyai isolasi luar jenis PVC berwarna putih atau abu-abu dengan selubung karet di dalamnya.
  • Berintikan 2, 3, atau 4 kawat tunggal dan masing-masing inti mempunyai isolasi PVC dengan warna berbeda. Jadi, kabel NYM seperti beberapa kabel NYA yang dijadikan satu dan ditambahkan isolasi putih dan selubung karet.
  • Kabel NYM relatif lebih kuat daripada NYA karena adanya isolasi PVC dan selubung karet.
  • Pemasangan kabel NYM pada instalasi listrik dalam rumah bisa tanpa konduit (kecuali dalam tembok sebaiknya menggunakan konduit seperti yang dijelaskan sebelumnya).Kabel NYM dirancang bukan untuk penggunaan di bagian luar (outdoor) dan tidak boleh ditanam, walaupun dapat dipergunakan di lingkungan baik kering maupun basah.
  • Tetapi penggunaan konduit sebagai pelindung bisa juga dipertimbangkan bila ingin dipasang di luar ruangan.
  • Harganya lebih mahal daripada kabel NYA.

Sumber: mumetlistrik

KABEL NYM JOGJA
KABEL NYM

Apa itu Kabel NYY?

  • Kabel NYY berinti kawat tunggal dengan jumlah inti 2, 3, atau 4.
  • Bahan isolator kabel NYY mempunyai konstruksi yang lebih kuat dan kaku dibandingkan dengan kabel jenis NYM.
  • Karet isolator kabel NYY ini biasanya dilengkapi dengan bahan anti gigitan tikus.
  • Kabel NYY dirancang untuk penggunaan di dalam tanah, outdoor, baik dalam keadaan kering maupun lembab.
  • Untuk lebih amannya kabel NYY direkomendasikan menggunakan perlindungan ekstra seperti pipa PVC atau pipa besi terutama untuk aliran listrik tegangan tinggi.

Sumber: skemaku

  • Warna khas kabel NYY adalah hitam dengan isolasi PVC ganda.
  • Kabel untuk lampu taman dan di luar rumah sebaiknya menggunakan kabel jenis ini.
  • Harganya lebih mahal daripada kabel NYA, NYAF, dan NYM.

Sumber: instalasilistrikrumah.com

KABEL NYY JOGJA
KABEL NYY

Apa itu Kabel NYMHY dan Kabel NYYHY?

  • Merupakan versi inti serabut dari NYM dan NYY (NYM dan NYY berintikan kawat) yang dilapisi isolator PVV
    Kabel jenis NYMHY/NYYHY banyak diguankan untuk keperluan listrik rumah tangga kelas kecil berdaya maksimal 900 Watt.
  • Jika digunakan untuk listrik rumah tangga berdaya 900 Watt ketas, lebih baik menggunakan kabel berinti kawat seperti kabel jenis NYM.

Sumber: skemaku

  • Sifat dari kabel Kabel NYMHY dan NYYHY ini fleksibel dan tidak mudah patah.
  • Kabel NYMHYdan NYYHY direkomendasikan untuk digunakan sebagai penghubung alat elektronik rumah tangga yang kerap dipindah-pindah.
  • Isolator kabel NYMHY dan NYYHY berbahan plastik tahan panas namun temperaturnya tidak boleh melebihi 85 derajat celcius.

Sumber: ralali

Perbedaan NYMHY dengan NYYHY: NYMHY berisolasi putih, hanya untuk indoor, dan tidak dilengkapi bahan anti gigitan tikus; NYYHY berisolasi hitam, bisa dipakai untuk outdoor, dan dilapisi bahan anti gigitan tikus. NYYHY lebih mahal daripada NYMHY.

KABEL NYMHY JOGJA
KABEL NYMHY
KABEL NYYHY JOGJA
KABEL NYYHY

Jenis-jenis Kabel Listrik: Mengenali Perbedaan NYM, NYY, NYMHY, dan NYYHY

Bagi orang awam, kode-kode kabel seperti NYM, NYY, NYMHY, dan NYYHY mungkin dirasa sulit dihapal. Lalu, bagaimana cara mudah mengenali perbedaannya? Caranya adalah mengabaikan huruf “NY” di awal kode, dan perhatikan huruf ke-3 dan selanjutnya. Misal NYM dan NYY. “M” di sini berarti putih, untuk menghapalnya adalah: ingat kata “meMutih”. Begitu juga pada NYMHY, yang berarti kabel putih. Seterusnya, huruf “Y” pada huruf ke-3 mengindikasikan warna hitam. Begitu juga NYYHY yang berarti kabel berwarna hitam.
Selanjutnya, tanpa kode “HY” pada NYM dan NYY berarti kabel tersebut berintikan kawat (engkel/tunggal). Kode “HY” pada NYMHY dan NYYHY menandakan kabel tersebut berintikan serabut.
Untuk mempersingkat, tabel berikut menunjukkan perbedaan NYM, NYY, NYMHY, dan NYYHY.

perbedaan nym nyy nymhy nyyhy
Mengenal perbedaan NYM, NYY, NYMHY, dan NYYHY

Apa itu Kabel BC?

  • Kabel BC (Bare Copper) memiliki sistem konduktansi yang unik: penghantarnya terdiri dari pilinan kawat yang disatukan sehingga menghasilkan konstruksi kabel yang kuat dan tidak mudah putus.
  • Ukuran kabel BC tersedia dalam (mm persegi) 6mm, 16mm, 25mm, 35mm, 50mm, hingga 500 mm. Kabel BC sering digunakan sebagai pentanahan/pengebumian (arde/ground).
  • Pada gedung atau bangunan tinggi, kabel BC digunakan sebagai mekanisme menetralkan arus petir.

Sumber: skemaku 

KABEL BC JOGJA
KABEL BC