Home » Perbandingan Jenis-jenis Bohlam Lampu Philips (part 3)

Perbandingan Jenis-jenis Bohlam Lampu Philips (part 3)

LED BULB PHILIPS TOKO LISTRIK GLOBAL

Kita sudah membahas jenis-jenis bohlam lampu Philips sebelumnya, yaitu: lampu Philips pijar yang menggunakan mekanisme pemanasan kawat, dan lampu Philips pendar yang menggunakan gas (seperti lampu tornado dan lampu jari). Berikutnya, mari kita telaah secara singkat lampu yang paling modern: bohlam lampu LED. Kita akan membahas sejarah dan cara kerja LED, keunggulan dan kelemahan LED, perbandingan penggunaan daya pada berbagai macam lampu Philips (untuk menunjukkan efisiensi/pengiritan lampu LED), serta beberapa contoh lampu yang mnenggunakan teknologi LED. 

Sejarah dan Cara Kerja Lampu LED

Light-emitting diode atau LED adalah komponen listrik yang mengeluarkan cahaya ketika dialiri arus. Cara kerjanya adalah menggunakan chip pada sebuah papan sirkuit yang dialiri listrik untuk menghasilkan cahaya. Dalam proses ini, lampu LED tidak memerlukan proses pemanasan (pembakaran filamen) ataupun menggunakan gas khusus.

Lampu LED (Light Emitting Diode) adalah tekonologi relatif terbaru (mulai populer di pasaran setelah 2008). Pada awal ditemukannya, biaya produksi LED mahal sekali, satu LED bisa dijual dengan harga US$ 200. Oleh sebab itu, LED hanya dipakai sebagai indikator pada peralatan laboratorium profesional. Lalu, teknologi semikonduktor dikembangkan pada tahun 1970an sehingga harga LED bisa ditekan. Seperti telepon seluler dan komputer, produk-produk dengan basis teknologi semikonduktor semakin lama semakin murah harganya, dan ini termasuk lampu-lampu LED yang makin sering dipakai pada produk-produk massal (bohlam, TV, monitor, kalkulator, jam tangan, senter, dan berbagai contoh lainnya).

Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED

Kelebihan lampu LED adalah keawetannya: selain hemat energi (karena tidak memerlukan proses pemanasan), lampu LED berumur pakai lama (karena tidak terpengaruh oleh keadaan kaca pelindung: apabila lampu jatuh dan penutup terlepas, bisa dipasang kembali; tidak seperti lampu pendar yang jika kacanya pecah, sudah tidak bisa digunakan lagi). 

Kelebihannya yang ke dua adalah lampu LED tidak memerlukan waktu yang lama untuk menghasilkan cahaya maksimal. Hal ini berakibat lampu tidak mudah rusak apabila dihidup-matikan secara cepat.

Kelebihan selanjutnya adalah lampu LED berukuran kecil sehingga sangat fleksibel untuk digunakan dalam berbagai peralatan elektronik. 

Terakhir, teknologi lampu LED sudah dikembangkan sedemikian rupa untuk mengeluarkan berbagai macam warna, seperti merah, kuning, hijau, biru, ultraviolet, putih, maupun warm white.

Oleh karena kelebihan-kelebihan itu, penggunaan LED menjadi trend dalam memilih lampu di rumah-rumah, gedung kantor, dan toko-toko.

Kelemahan lampu LED adalah harga perolehannya yang lebih tinggi. Ini disebabkan lampu LED (oleh karena sifatnya merupakan chip elektronik) sangat dipengaruhi oleh suhu: LED tidak tahan panas, dan itu menyebabkan tiap lampu LED butuh kondensator/pendingin yang teknologinya mahal. Akan tetapi, semakin banyak produsen dari negara industri yang memproduksi lampu-lampu LED dengan teknologi pendingin lebih murah, misalnya bagian dasar lampu disediakan rongga ventilasi untuk pendinginan. Sehingga, semakin modern, harga lampu LED diharapkan semakin murah. Diproyeksikan pasaran lampu LED akan laku sebanyak 12 kali lipat dalam satu dekade ke depan.

Karakteristik lampu LED lainnya yang dapat dianggap kelemahan bagi sebagian orang adalah lampu LED cahayanya lebih “terarah” dibanding dengan lampu pijar dan lampu pendar yang cahayanya dapat menerangi 360 derajat (sekeliling) dari pusat pencahayaan. Dan juga, lampu LED menghasilkan kualitas cahaya yang tidak senyaman di mata seperti lampu Philips Essential atau Philips Tornado.

Lampu LED yang tradisional tidak bisa digunakan dengan peredam cahaya (dimmer). Namun, Philips sedang mengembangkan produk baru, Lampu LED yang bisa digunakan dengan dimmer. Namun, masih belum banyak terjual di pasaran.

Rangkumannya kelebihan dan kelemahan lampu LED adalah sebagai berikut.
Keunggulan lampu LED adalah:

  • Menghasilkan cahaya (lumens) lebih banyak per watt daripada lampu pijar dan lampu pendar.
  • Lebih tahan banting tidak mudah pecah.
  • lebih kecil ukurannya sehingga fleksibel untuk berbagai peralatan rumah tangga.
  • tidak memerlukan waktu pemanasan untuk menghidupkannya, dan tidak perlu waktu lama untuk mematikannya.
  • Lebih panjang umur dan lebih tahan lama.
  • Ketersediaan dalam berbagai warna.

Kelemahan lampu LED:

  • Lebih mahal daripada lampu pijar maupun pendar.
  • Sangat bergantung pada suhu luar, karena mudah kepanasan.
  • Ada pendapat bahwa lampu LED menghasilkan kualitas warna/cahaya yang tidak senyaman lampu pijar maupun lampu pendar.
  • Tidak bisa diredupkan dengan dimmer seperti lampu pijar.

Perbandingan/Persamaan Watt Lampu Philips

Lumens adalah satuan yang menyatakan tingkat terangnya/intensitas cahaya yang dihasilkan sebuah lampu. Semakin tinggi angka lumensnya, semakin terang lampunya. Beda dengan lumens, watt adalah daya yang digunakan untuk menghasilkan energi, dalam hal bohlam lampu adalah listrik yang digunakan untuk menghasilkan cahaya.

Oleh sebab itu, adalah salah kaprah jika mengukur tingkat terangnya lampu dari watt. Sebab, lampu 40 watt belum tentu lebih terang daripada lampu 10 watt: perlu dilihat apakah lampu 40 watt tersebut terbuat dari LED atau lampu pijar biasa.

Lampu LED terkenal dengan efisiensinya dalam menghasilkan cahaya. Setiap watt dari Lampu LED menghasilkan cahaya 90 Lumens, lebih tinggi daripada lampu pijar atau lampu CFL yang menghasilkan 60 Lumens per watt. Lampu LED 10watt sudah memiliki tingkat terang setara dengan lampu pijar biasa sebesar 40 watt.

Perbandingan watt (lumens) antara lampu pijar, lampu pendar, maupun lampu LED
Perbandingan watt antara lampu pijar, lampu pendar, dan lampu LED untuk menunjukkan bahwa lampu LED dapat memerlukan watt yang lebih sedikit (irit) untuk dalam menghasilkan sinar yang terang.

Contoh Lampu LED

Lampu Bohlam (LED Bulb)

Berbagai Varian LED BULB Philips

Lampu Tabung (TL)

Lampu Tabung T5 LED Toko Listrik Global
Lampu Tabung T8 LED Toko Listrik Global

Berbagai Varian Lampu Sorot (Lampu Spot) LED

Lampu Hias Edison LED

A49 LAMPU EDISON HIAS 12
A49 LAMPU EDISON HIAS 12

Lampu Downlight LED untuk di Plafon